recent posts

Panduan Untuk Ibu Yang Memiliki Bayi Baru Lahir

Panduan Untuk Ibu Yang Memiliki Bayi Baru Lahir
Panduan Untuk Ibu Yang Baru Memiliki Bayi

Anda telah melalui kehamilan, persalinan, dan melahirkan, dan sekarang Anda siap untuk pulang dan memulai hidup dengan bayi Anda. Namun, begitu tiba di rumah, Anda mungkin merasa tidak tahu apa yang harus Anda lakukan kepada bayi anda yang baru saja lahir!

Mendapatkan Bantuan Setelah Melahiran

Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan selama waktu setelah persalinan ini, anda bisa mendapatkan kesibukan yang luar biasa. Saat berada di rumah sakit, bicarakan dengan para ahli di sekitar Anda. Banyak rumah sakit memiliki spesialis pemberian makan atau konsultan menyusui yang dapat membantu Anda memulai menyusui atau memberi susu botol. Perawat juga merupakan sumber yang bagus untuk menunjukkan kepada Anda cara memegang, bersendawa, mengubah, dan merawat bayi Anda.

Untuk bantuan di rumah, Anda mungkin ingin mempekerjakan perawat bayi, ART, atau remaja tetangga yang bertanggung jawab untuk membantu Anda untuk waktu yang singkat setelah kelahiran. Dokter atau rumah sakit Anda dapat membantu Anda menemukan informasi tentang bantuan di rumah, dan mungkin membuat rujukan ke posyandu terdekat di rumah anda.

Kerabat dan teman sering ingin membantu juga. Bahkan jika Anda tidak setuju pada hal-hal tertentu, jangan abaikan pengalaman mereka.

Menangani Bayi Baru Lahir 

Jika Anda tidak menghabiskan banyak waktu di sekitar bayi anda yang baru saja lahir, Kondisi mereka yang masih lemah dan rentan mungkin menakutkan untuk anda. Berikut adalah beberapa dasar untuk diingat:
  • Cuci tangan Anda (atau gunakan pembersih tangan) sebelum memegang bayi Anda. Bayi baru lahir belum memiliki sistem kekebalan yang kuat, sehingga mereka berisiko terinfeksi. Pastikan semua orang yang menangani bayi Anda memiliki tangan yang bersih.
  • Dukung kepala dan leher bayi Anda. Gendong kepala saat menggendong bayi dan dukung kepala saat menggendong bayi tegak atau saat Anda meletakkan bayi ke bawah.
  • Jangan pernah menggoyang bayi Anda yang baru lahir, baik dalam permainan atau sedang tidur. Bayi akan kaget Gemetar dapat menyebabkan pendarahan di otak dan bahkan kematian. Jika Anda perlu membangunkan bayi Anda, jangan lakukan dengan menggoyangkan - sebagai gantinya, gelitik kaki bayi Anda atau tiupkan dengan lembut di pipi.
  • Pastikan bayi Anda aman dengan gendongannya, kereta dorong, atau kursi mobil. Batasi aktivitas apa pun yang bisa terlalu kasar atau bergoyang.
  • Ingatlah bahwa bayi Anda yang baru lahir belum siap untuk bermain kasar, seperti tersandung di lutut atau terlempar ke udara.

Membangun Ikatan Yang Menenangkan Untuk Bayi

Ikatan antara ibu dan anak, mungkin salah satu bagian yang paling menyenangkan dari perawatan bayi, terjadi selama waktu sensitif di jam-jam pertama dan hari-hari setelah kelahiran ketika orang tua membuat hubungan yang mendalam dengan bayi mereka. Kedekatan fisik dapat meningkatkan hubungan emosional.

Untuk bayi, semua itu berkontribusi pada pertumbuhan emosional mereka, yang juga mempengaruhi perkembangan mereka di bidang lain, seperti pertumbuhan fisik. Cara lain untuk memikirkan ikatan adalah "jatuh cinta" dengan bayi Anda. Anak-anak berkembang dari memiliki orang tua atau orang dewasa lain dalam hidup mereka yang mencintai mereka tanpa pamrih.

Mulailah membangun ikatan emosional anda dengan menggendong bayi Anda dan dengan lembut membelai dia dengan pola yang berbeda. Baik Anda dan pasangan Anda juga dapat mengambil kesempatan untuk bersentuhan dengan kulit bayi anda," menggendong bayi baru lahir Anda di kulit Anda sendiri saat menyusui atau menggendong.

Pada bayi prematur mereka cenderung memiliki masalah medis, dapat merespons pijatan bayi. Beberapa jenis pijatan dapat meningkatkan ikatan dan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Banyak buku dan video membahas pijat bayi - tanyakan rekomendasi dokter Anda. Namun hati-hati - bayi tidak sekuat orang dewasa, jadi pijatlah bayi Anda dengan lembut.

Bayi biasanya menyukai suara vokal, seperti berbicara, mengoceh, dan bernyanyi. Bayi Anda mungkin juga akan suka mendengarkan musik. musik adalah cara lain yang baik untuk merangsang pendengaran bayi Anda. Jika si kecil Anda cerewet, cobalah bernyanyi, membacakan puisi dan lagu anak-anak, saat bayi anda menjelang tidur.

Beberapa bayi bisa sangat sensitif terhadap sentuhan, cahaya, atau suara, dan mungkin kaget dan menangis dengan mudah, kurang tidur yang diharapkan, atau memalingkan wajah mereka ketika seseorang berbicara atau bernyanyi kepada mereka. Jika demikian halnya dengan bayi Anda, jaga kebisingan dan tingkat cahaya rendah hingga sedang.

Membedong, yang bekerja dengan baik untuk beberapa bayi selama beberapa minggu pertama mereka, adalah teknik lain yang menenangkan pertama kali orang tua harus belajar. lakukan yang tepat menjaga lengan bayi dekat dengan tubuh sementara memungkinkan untuk beberapa gerakan kaki. Tidak hanya bedong bayi yang hangat, tetapi tampaknya memberi sebagian besar bayi yang baru lahir rasa aman dan nyaman. Membedong juga dapat membantu membatasi refleks mengejutkan, yang dapat membangunkan bayi.

Berikut Video cara membedong bayi baik dan benar:



Semua Tentang Popok Bayi

Anda mungkin belum bisa memutuskan sebelum membawa pulang bayi Anda apakah Anda akan menggunakan kain atau popok sekali pakai. Apa pun yang Anda gunakan, si kecil akan mengotori popok sekitar 10 kali sehari, atau sekitar 70 kali seminggu.

Sebelum mengganti popok bayi Anda, pastikan Anda memiliki semua keperluan yang dibutuhkan dalam jangkauan Anda sehingga and tidak perlu meninggalkan bayi Anda di tempat tidur atau meja ganti. anda akan membutuhkan:
  • Popok bayi yang bersih
  • Air hangat
  • Kain lap bersih
  • Kapas Bayi
  • Tisu basah bayi 
Setelah setiap buang air besar atau jika popok basah, Angkat bayi keatas dengan memegang kedua kakinya secara lembut dan lepaskan popok yang kotor. Gunakan air, bola kapas, dan waslap atau lap untuk membersihkan area genital bayi dengan lembut. Saat mengeluarkan popok bayi laki-laki, lakukan dengan hati-hati karena paparan udara dapat membuatnya buang air kecil. Saat menyeka bayi perempuan anda, usap pantatnya dari depan ke belakang untuk menghindari infeksi saluran kemih (ISK). Untuk mencegah atau menyembuhkan ruam, oleskan salep. Selalu ingat untuk mencuci tangan dengan seksama setelah mengganti popok.
Panduan Untuk Ibu Yang Memiliki Bayi Baru Lahir Panduan Untuk Ibu Yang Memiliki Bayi Baru Lahir Reviewed by Lilis Hendrani on 10/20/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

IKLAN

Diberdayakan oleh Blogger.