recent posts

5 Mitos Tentang Kanker Payudara Yang Ternyata Salah

7 Mitos Kanker Payudara Yang Seharusnya Tidak Perlu Di Percaya

Angka penderita kanker payudara dan terus bertambah setiap harinya, hal tersebut tentunya menakutkan bagi kita para wanita. Menurut American Cancer Society (ACS) kemungkinan seorang wanita dalam mengidap sebuah penyakit khusunya kanker dalam hidupnya sekita 12% atau 1 dari 8 wanita akan mengalami hal tersebut.

ACS memperkirakan bahwa aka nada sekita 266.120 kasus baru kanker payudara invasive yang terdiagnosis dan 63.960 kasus baru kanker ini yang non-invasif yang sudah terlapor. Serem ya? ACS juga memprediksi kemungkinan ada 40.920 wanita di seluruh dunia akan meninggal karena Kanker payudara.

Tetapi pengetahuan tentang kanker payudara akan sangat membantu menyelamatkan nyawa dari si penderitanya, itulah kenapa di adakan sebuah peringatan bulanan untuk kanker payudara yang bertajuk Breast Cancer Awareness Month. 

Yang terpenting dalam hal ini adalah anda akan tahu sebuah fakta yang benar dan menyadari fakta-fakta yang tidak benar seputaran kanker payudara. Inilah tuju mitos umum yang harus setiap wanita ketahui tentang kanker payudara.

1. Mitos Bahwa Anda Akan Terkena Kanker Payudara Apabila Ada Anggota Keluarga Yang Mengalaminya

Kanker Payudara bukan penyakit genetik siapa saja bisa mengidap
Kanker Payudara bukan penyakit genetik siapa saja bisa mengidap kanker ini wanita ataupun pria.

Ini adalah salah satu ke salah pahaman yang paling popular yang berkembang di masyarakat kita khusunya kaum hawa tentang kanker payudara, berfikir bahwa selama tidak ada anggota keluarga yang mengalami penyakit ini maka anda akan sangat aman atau tidak mungkin terkena kanker payudara? Ternyata 70% diagnose yang dilakukan oleh dokter Julie R. Gralow, M.D direktur onkologi medis payudara di Seattle Cancer Care Alliance. bahwa tidak ada komponen turunan terhadap pasien pengidap kanker payudara yang selama ini ditemukan. jadi dalam garis besar adalah Kanker payudara bukan penyakit Genetik atau turunan siapa saja bisa terkena.

Jika tidak ada riwayat keluarga, ACS merekomendasikan wanita mulai mendapatkan mammogram tahunan pada usia 45. Tetapi sekali lagi, yang terbaik adalah berbicara dengan dokter Anda untuk menentukan apa yang berhasil untuk Anda.


2. Mitos Jika Anda Meraba Payudara Ada Benjolan Mungkin Itu Kanker


Mitos Jika Anda Meraba Payudara Ada Benjolan Mungkin Itu Kanker
Untuk mengetahui anda terkena Kanker Payudara atau tidak, tidak cukup hanya dengan meraba saja.

Karena sebuah kesalah pengetahuan dasar yang terus berkembang dan sudah mendoktrin diri kita para wanita bahwa untuk mengetahui anda menderita kangker payudara atau tidak dengan cara meraba bagian payudara untuk menemukan sebuah benjolan. Itu ternyata salah, karena belum tentu itu sebuah kangker menurut dokter Otis Brawley, M.D., kepala petugas medis untuk American Cancer Society.

Benjolan tersebut bisa saja sesuatu yang tidak begitu serius seperti kista, lifoma atau pertumbuhan non-kanker atau jinak. Iya mengatakan jika Anda menemukan benjolan, jadwalkan kunjungan ke dokter sesegera mungkin. OBGYN Anda akan ingin melakukan pemeriksaan fisik, dan dapat memutuskan untuk menindaklanjuti dengan USG dan / atau mammogram jika perlu.

3. Mitos Wanita Muda Atau Remaja Tidak Terkena Kanker Payudara

Mitos Wanita Muda Atau Remaja Tidak Terkena Kanker Payudara
Mendeteksi Kanker Payudara Saat Masih Muda Jauh Lebih Sulit Ketimbang Umur Di Atas 40 Tahun

Kanker payudara tidak mengenal usia beberapa pun, hanya saja khusunya wanita yang sudah lanjut lebih berisiko tinggi untuk mengidap penyakit ini. Lebih dari 250.000 wanita yang tinggal di Amerika Serikat saat ini di diagnosis menderita kanker payudara terbanyak saat umur mereka menginjak usia 40 tahun dan sisanya mereka yang masih remaja atau wanita muda.

Untuk khusus wanita yang masih muda mereka cendurung mengadapi kanker payudara yang jauh lebih agresif dan tingkat kelangsungan hidup juga jauh lebih rendah. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa kanker payudara sebelum usia 40 berbeda secara biologis dari kanker yang dihadapi oleh wanita yang lebih tua.

Ditambah mereka yang masih muda untuk deteksi benjolan jauh lebih sulit karena wanita muda masih memilik jaringan payudara yang masih padat, "Ketika kita menua, tingkat estrogen biasanya menurun, dan kepadatan diganti dengan jaringan lemak yang lebih mudah”.

Itu sebabnya jika Anda berusia di atas 20 tahun dan melihat perubahan di salah satu payudara Anda, pergilah memeriksanya. Ini mungkin bukan kanker, tetapi sebaiknya ada ahli yang dapat menjelaskannya.


4. Hanya Wanita Yang Terkena Kanker Payudara

Hanya Wanita Yang Terkena Kanker Payudara
Tidak hanya wanita yang bisa terkena kanker payudara potensi pria pun ada hanya saja resikonya jauh lebih kecil.

Kanker payudara juga biasanya ditemukan kemudian pada pria - yang berarti sering ditemukan pada tahap yang lebih lanjut - tetapi penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Oncology menemukan bahwa pria memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi daripada wanita. Itu masuk akal, mengingat bahwa kanker payudara laki-laki kurang dari 1% dari semua kasus kanker payudara, kata Dr. Gralow. "Pria tidak memiliki paparan estrogen dan progesteron, mereka tidak laktasi, dan mereka memiliki sangat sedikit saluran dan lobulus, yang mana kanker payudara dimulai," katanya. Dengan kata lain, risikonya jauh lebih rendah.

5. Jika Ada Kanker Payudara Di Sebelah Kiri Maka Sebelah Kanan Akan Beresiko

Jika Ada Kanker Payudara Di Sebelah Kiri Maka Sebelah Kanan Akan Beresiko

Sekali lagi pemahaman yang salah, bahwa apabila anda sudah terkena kanker payudara pada salah satu sisi maka sisi yang lain akan tertular. Bagi wanita yang tidak membawa mutasi gen kanker payudara (BRCA1 atau BRCA2) - dan kurang dari 10% - risiko hanya sekitar 5% bahwa mereka akan mendapatkan kanker di payudara lainnya.

Dan dalam kasus ini tidak sedikit wanita yang melakukan tindak pencegahan dengan melakukan pengangkatan payudara pada kedua sisinya, sungguh hal yang disayangkan akibat kurangnya pemahaman akan kanker payudara ini hanya sebatas ketakutan mereka akan kambuhnya penyakit kanker ini.
5 Mitos Tentang Kanker Payudara Yang Ternyata Salah 5 Mitos Tentang Kanker Payudara Yang Ternyata Salah Reviewed by Lilis Hendrani on 10/13/2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

IKLAN

Diberdayakan oleh Blogger.