Langsung ke konten utama

Langkah-Langkah Yang Perlu Di Ketahui Sebelum Melakukan Program Bayi Tabung

Program Bayi Tabung

Apa sih bayi tabung dan bagaimana prosesnya? Bayi tabung alias in fitro vertilization (IVF) merupakan suatu pilihan alternatif bagi Anda yang ingin punya anak. Bayi tabung dilakukan dengan cara menggabungkan telur dan sperma di luar tubuh. Dan kemudian, sel telur yang sudah dibuahi dan sudah dalam fase siap akan dipindahkan ke dalam rahim wanita. Begitulah penjelasan sederhana dari bayi tabung. Namun, sebenarnya proses bayi tabung berlangsung sangat panjang karena diperlukan persiapan yang matang. Jangan khawatir soal biaya yang harus di keluarkan untuk bayi tabung anda bisa memperoleh program bayi tabung dengan biaya 30 Juta. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Si Calon Ibu Penting Untuk Memahami Siklus Menstruasi Sebelum Melakukan Bayi Tabung

Anda harus mengetahui bagaimana siklus menstruasi Anda sebelum melakukan program bayi tabung. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi pil kontrasepsi sebelum melakukan program ini. Mengonsumsi pil kontrasepsi terbukti dapat meningkatkan kesuksesan dari program  bayi tabung dan juga dapat menurunkan risiko sindrom hiperstimulasi ovarium dan kista ovarium. Namun, tidak semua dokter biasanya merekomendasikan hal ini.

Setelah Anda ovulasi (ovarium melepaskan sel telur), dokter akan memberikan Anda antagonis GnRH (seperti Ganirelix) atau agonis GnRH (seperti Lupron). Obat ini biasanya berupa obat suntik. Obat ini memungkinkan dokter untuk mengontrol penuh siklus ovulasi Anda saat program bayi tabung dimulai.

Jika Anda belum mendapatkan siklus ovulasi Anda, dokter mungkin akan memberikan Anda obat progesteron dalam bentuk Provera. Anda akan diminta untuk menggunakan antagonis dan agonis GnRH sekitar 6 hari atau lebih setelah Anda mengambil pil Provera. Namun, hal ini mungkin berbeda-beda antar individu, sebaiknya selalu ikuti instruksi dari dokter Anda.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mulai Program Bayi Tabung?

Program bayi tabung dimulai pada hari pertama saat Anda mengalami menstruasi. Pada hari kedua menstruasi Anda, mungkin dokter akan melakukan tes darah dan USG (transvaginal ultrasound).
  • Pada tes darah, dokter akan melihat kadar estrogen Anda, terutama E2 atau estradiol. Tes ini dilakukan untuk memastikan ovarium Anda “tidur”, inilah efek yang diinginkan dari suntikan antagonis GnRH.
  • USG transvaginal dilakukan untuk memeriksa ukuran ovarium Anda. USG ini juga dapat menemukan kista ovarium jika Anda memilikinya. Jika ada kista, dokter akan menangani kista tersebut terlebih dahulu sebelum melanjutkan program.

Pemantauan Ovarium Secara Stimulan

Stimulasi ovarium dilakukan dengan menyuntikkan obat kesuburan pada tubuh Anda. Anda akan diajarkan bagaimana cara menyuntikkan obat tersebut sendiri di rumah. Mengapa? Karena Anda akan sering menyuntikkan obat kesuburan tersebut sendiri. Berapa banyak suntikan dan berapa lama akan tergantung dari aturan pengobatan Anda. Biasanya Anda akan diminta untuk menyuntikkan 1-4 obat setiap hari selama seminggu sampai sepuluh hari.

Stimulasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah telur yang diproduksi oleh ovarium Anda. Sehingga, semakin banyak telur yang bisa diambil dan dibuahi selama proses bayi tabung ini, serta semakin besar pula kesempatan Anda untuk hamil.

Selama stimulasi ovarium ini, dokter akan memantau pertumbuhan dan perkembangan folikel dengan cara melakukan tes darah dan USG setiap beberapa hari. Tes darah dilakukan untuk mengetahui kadar estradiol Anda. Sedangkan USG dilakukan untuk memantau perkembangan telur dalam ovarium Anda (oosit).

Pemantauan sangat penting dilakukan untuk menentukan seberapa banyak dosis obat Anda, apakah perlu ditingkatkan atau malah diturunkan. Jika folikel Anda sudah besar kira-kira berukuran 16-18 mm, Anda mungkin perlu dipantau setiap hari.

Pematangan oosit atau Telur Dalam Ovarium

Telur harus menyelesaikan pertumbuhan dan perkembangannya sebelum telur bisa diambil. Untuk memicu pematangan oosit, diperlukan suntikan human chorionic gonadotropin (hCG). Biasanya, suntikan hCG diberikan ketika empat atau lebih folikel telah berukuran sekitar 18-20 mm dan kadar estradiol Anda sudah lebih dari 2000 pg/ ml.

Suntikan hormon ini dilakukan sebanyak satu kali dan harus dilakukan pada waktu yang tepat. Mengapa? Jika dilakukan terlalu dini, maka telur bisa tidak cukup matang. Sedangkan, jika suntikan dilakukan terlalu lama, telur akan terlalu tua dan tidak bisa berbuah dengan baik. Untuk melihat kapan waktu yang tepat dalam melakukan suntikan, diperlukan ultrasound kembali.

Pengambilan Telur

Pengambilan telur dilakukan sekitar 34-36 jam setelah Anda menerima suntikan hCG. Sebelum pengambilan telur, Anda akan dianestesi agar Anda tidak merasakan sakit. USG transvaginal dilakukan untuk memandu dokter dalam pengambilan telur. Pengambilan telur dilakukan menggunakan jarum yang akan menghisap folikel dalam ovarium Anda.

Terdapat satu oosit (telur) tiap satu folikel yang diambil dari ovarium Anda. Jumlah folikel yang diambil bisa berbeda-beda antar individu. Oosit ini kemudian akan dibawa ke laboratorium embriologi untuk dilakukan pembuahan.

Setelah prosedur selesai, Anda akan diminta untuk istirahat sebentar selama beberapa jam untuk memastikan Anda baik-baik saja. Jika Anda memiliki tanda-tanda sindrom hiperstimulasi ovarium, seperti:
  • Kembung
  • Nyeri Ringan atau Keram Perut
  • Mual
  • Diare
  • Dan peningkatan berat badan
Sebaiknya segera laporkan tanda-tanda tersebut pada dokter Anda. Sindrom hiperstimulasi ovarium bisa terjadi pada 10% wanita yang menjalani bayi tabung, ini merupakan efek samping dari penggunaan obat kesuburan.

Pembuahan Telur

Telur atau folikel yang sudah diambil tersebut kemudian akan dipilih yang mana yang baik. Sedangkan, sperma yang dibutuhkan untuk pembuahan juga sudah harus tersedia. Pada saat Anda melakukan pengambilan telur, suami Anda mungkin akan diminta untuk memberikan semen yang berisi sperma.

Sperma kemudian dipisahkan dari hal-hal lain pada semen dan juga dipilih bibit yang paling bagus. Sekitar 10.000 sperma kemudian akan ditempatkan dengan telur pada wadah khusus. Wadah ini kemudian akan diinkubasi di laboratorium. Dalam waktu 12-24 jam diharapkan sudah terjadi pembuahan antara sperma dengan telur.

Pada pria yang mengalami masalah ketidaksuburan atau yang mempunyai kualitas sperma rendah, sperma mungkin perlu disuntikkan langsung ke masing-masing telur yang matang. Ini disebut dengan intra-cytoplasmic sperm injection (ICSI).

Pemindahan Telur Setelah Di Buahi (embrio) Kedalam Rahim

Setelah telur dibuahi, telur akan disimpan selama 3-5 hari di tempat khusus sebelum dipindahkan ke rahim wanita. Pemindahan telur yang sudah dibuahi (embrio) biasanya dilakukan pada hari kelima setelah pembuahan, di mana embrio sudah  berada pada fase blastosit. Embrio pada fase blastosit sudah mampu menempel dengan baik pada rahim wanita.

Beberapa hari sebelum dilakukan pemindahan embrio, Anda akan diberikan obat hormon progesteron untuk membantu mempersiapkan dinding rahim Anda untuk menerima embrio. Obat hormon ini diberikan dengan cara suntikan, pil, atau gel.

Saat pemindahan embrio, tabung tipis atau kateter yang berisi cairan embrio akan dimasukkan ke dalam serviks Anda. Jumlah embrio yang dipindahkan tergantung pada kualitas embrio, biasanya hanya 2-5 embrio yang dipindahkan. Setelah prosedur ini, Anda akan diminta untuk tetap berbaring selama beberapa jam.

Jika masih ada embrio kualitas baik yang tersisa, Anda bisa membekukan mereka. Ini disebut dengan embrio kriopreservasi. Embrio ini bisa digunakan nanti jika proses Anda tidak berhasil atau bisa disumbangkan.

Setelah dilakukan pemindahan embrio ke rahim Anda, Anda harus menunggu waktu selama dua minggu untuk melihat apakah Anda berhasil hamil. Selama ini, sebaiknya lakukan kegiatan Anda sehari-hari seperti biasa. Jangan buat diri Anda stres dengan memikirkan kehamilan Anda.

Setelah 2 minggu, sebaiknya Anda lakukan tes kehamilan. Tes bisa Anda lakukan selama beberapa hari. Jika hasil tes positif, maka SELAMAT Anda hamil. Jangan lupa untuk memeriksakan kehamilan Anda ke dokter. Dokter akan melakukan USG untuk memantau kehamilan. Karena bisa saja Anda mengalami keguguran atau kehamilan ektopik atau juga bisa kehamilan kembar.

SUMBER :

Postingan populer dari blog ini

5 Model Rajut Yang Imut dan Mudah Untuk Dibuat Dirumah

Mencari beberapa model rajutan yang imut dan menggemaskan untuk dibuat dan dipergunakan sendiri atau untuk pacar dan keluarga? merajut menjadi menyenangkan apa bila kita mempunyai sebuah tujuan dalam membuatnya, dan segelintir orang mengakui bahwa barang rajut menyimpan sebuah kekuatan atau energi didalamnya seperti kebahagian cinta dan harapan.
Saya memiliki beberapa pola dan model rajutan yang saya kumpukan dari berbagai sumber mungkin anda bisa pergunakan sebagai bahan referensi atau belajar anda dirumah.
Kita mulai dari hal-hal menyenangkan dengan model rajutan yang sudah saya kategorikan untuk anda. karena saya belum mencoba tutorial ini saya berikan link di setiap caption pada gambar selamat mencoba dan berikan komentar anda tentang ini.
1. GIANT DONUT FLOOR POUF 2. CROCHET OWL 3. THE MINIMA’ CAT 4. LOVE BIRD 5. CACTUS PINCUSHION Semuanya lucu dan imutkan, selamat mencoba...

5 DIY Dekorasi Rumah Yang Bernuasa Warna Merah

Apakah warna merah merupakan warna favorit anda? dan bagaimana cara melakukannya dengan dekorasi ruangan DIY yang keren? Ya karena warna merah itu mewakili gairah dan (cinta muda) dan ganasnya. Nah, ada banyak yang menyukai warna ini jadi pada siang ini saya mencoba kembali berbagi informasi tentang DIY Dekorasi rumah yang bernuasakan warna merah. Inilah daftar yang sangat keren yang bisa Anda temukan dari internet. Tidak banyak, ingatlah. Tapi kami menemukan proyek dekorasi ruangan DIY yang paling mengagumkan yang pasti akan menarik minat Anda; bingkai merah, penangkap mimpi merah, penutup lampu merah, gantungan dinding merah, bantal merah.

1. DIY FRAME FOTO AJAIB
2. DIY LAMSHADE UNTUK RUANG TAMU ANDA
Pewarnaan pada kap lampu ini menggunakan teknik celup dengan bahan dasar cat pewarna rambut dan kain kanvas. bisa juga dengan pewarna kain tentunya.
3. JUNK MAIL TYPOGRAPHY COLLAGE ART
How to make this one? check this out!!

4. FLOWER PETAL ART WALL DECOR
Kalo soal buang pasti semua cewe…

6 Model Boneka Dari Kaos Kaki Bekas

Tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat banyak kerajinan keren dari kaus kaki bekas? dari pada harus di buang kan sayang mendingan di recycle menjadi barang yang berguna bagi putra-putri kecil kita dirumah atau bisa juga untuk Kado eksklusif karena gak dijual di toko boneka manapun.
Ada 40 model boneka dari kaos kaki bekas yang akan saya sharing tapi untuk hari ini saya kasih 6 model dulu ya?, jika anda memiliki banyak kaos kaki bekas yang sudah melar kenapa tidak mencoba membuat semuanya hari ini?
1. SOCK SNOWMAN
2. MISMATCHED SOCKS – SEW A SOCK SNAKE
3. TEDDY BEAR
4. SOCK BUNNY – LOP EARED
5. SOCK DRAGON
6. SOCK BAYMAX SEWING PATERN